Baliho APBDES T.A 2018 Desa Sambik Bangkol

Rhony Susanto, S. Pd 20 Juli 2018 03:50:52 WIB

Sambik Bangkol_kamis (19/07) 2018 Warga Masyarakat Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. kini dapat mengakses atau dapat membaca informasi secara langsung tentang besaran anggaran Dana Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. secara mudah dan transparan.

Hal ini dikarenakan  Pemerintah Desa Sambik Bangkol telah memasang Baliho APBDES T.A 2018 tepatnya pada hari rabu, 18/07/2017 yang berukuran 2x3 meter yang terpampang dengan jelas di depan halaman Kantor Desa Sambik Bangkol.

Kades Sambik Bangkol Bapak Jamaludin, S.Sos menuturkan bahwa pemasangan baliho ini adalah salah satu wujud dari transpalasi Aggaran Dana Desa dan juga merupakan salah satu amanat yang di tuangkan dalam Undang-Undang Desa. selain itu peerintah Desa juga wajib memberikan informasi kepada masyarakat, warga desa sambik bangkol khususnya uga berhak untuk mengetahui pengelolaan Dana Desa. pemasangan baliho ini guna untuk meingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan Dana Desa ujarnya.

Sekdes sambik bangkol Bpk Hadianto, S.pd juga ikut serta dala pemasangan baliho ini bahkan foto sekdes beserta kades sambik bangkol ikut terpampang pada baliho tersebut, beliau mengatakan pada Tahu 2018 ini Desa Sambik Bangkol mendapatkan pendapatan dan belanja desa sebesar Rp. 3.358.614.00

  • Rencana Pendapatan Asli Desa, 15.000.000
  • Dana Desa ( DD ), 1.713.222.000
  • Bagi Hasil Pajak dan Retribusi, 284.541.000
  • Alokasi Dana Desa ( ADD ) 1.345.851.000

Sebagian besar dana desa dialokasikan untuk bidang pelaksanaa desa sekitar 54.19% atau 1.820.154.000, antara lain pembangunan poskamling, pembangunan /peningkatan jala desa, pembangunan talud, pembangunan saluran irigasi, pembangunan perpipaan dan sumur gali, pembanguan rumah kreatif, rumah TPQ, dan rumah posyandu, pembangunan jamban keluarga, penyertaan modal bumdes, pemberian bantuan stimulan RTLH dan Pmt posyandu, jelas dari sekdes sambik bangkol.

Sementara anggaran lainnya juga dipergunakan dalam bidang lain, misalnya, 35,63% untuk bidang penyelenggaraan pemerintah desa, 3,55% untuk bidang pembinaan kemasyarakatan, dan 6,63%nya untuk bidang pemberdayaan masyarakat.

Dengan harapan semoga masyarakat desa sambik bangkol pada umumnya bisa melihat anggaran yang tertuang daam grafik ini, agar tidak saling menuding antara masyarakat dengan pemerintah desa , dari anggaran yang sudah ada semua berpihak kepada masyarakat selain itu dengan dibangunnya rabat, talud, salura irigasi, jalan dll bisa memudahkan akses jalan warga dan bedampak bisa meningkatkan hasil pertanian pada masyarakat sambik bangkol.

Pemasangan baliho ini APBDES ini dilakukan oleh pemeritah desa sambik bangkol untuk menindak lanjuti peraturan menteri keuangan serta peraturan daerah mengenai akses transparansi kegiatan APBDES yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat desa melalui berita ataupun media sepanduk, atau website. baliho yang berisi angka angka ini, selain dapat mengontrol tranparansi anggaran, juga dinilai dapat mempengaruhi semangat dan kepercayaan warga desa, sehingga warga akan lebih aktif untuk berpartisipasi dalam pembangun desa.

Tujuan dari pemasagan baliho tersebut tak lain agar masyarakat ikut mengawasi penggunaan dana desa. jadi yang ikut mengawasi tidak hanya Babhinkamtibnas tapi juga masyarakat juga ikut serta dalam pengawasan penggunaan dana desa, "ujar kades sambik bangkol,"


 

Komentar atas Baliho APBDES T.A 2018 Desa Sambik Bangkol

10 April 2021 13:02:23 WIB
R 20 Juli 2018 06:37:12 WIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar