Gempa Susulan di Lombok Capai 422 Kali, Ini Penjelasan BMKG

Rhony Susanto, S. Pd 02 Agustus 2018 04:28:37 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi 6,4 SR yang merusak ribuan rumah di Lombok kini diikuti rangkaian aktivitas gempa susulan yang masih terus terjadi. Banyaknya aktivitas gempa susulan menimbulkan pertanyaan warga tentang apa sebenarnya gempa susulan tersebut dan mengapa jumlahnya sangat banyak.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, gempa susulan (aftershocks) merupakan gempa yang terjadi di sekitar episenter gempa utama (mainshocks), tetapi memiliki magnitudo yang lebih kecil.

Dia menjelaskan, Kiyoo Mogi ahli gempa dari Jepang mengklasifikasikan aktivitas gempa ke dalam 3 tipe. Gempa tipe pertama, dicirikan munculnya gempa utama yang diikuti sejumlah gempa susulan dengan magnitudo dan frekuensi kejadian yang terus mengecil.

"Gempa tipe kedua, dicirikan munculnya serangkaian gempa kecil sebagai pendahuluan (foreshocks), kemudian terjadi gempa utama dengan kekuatan besar, selanjutnya diakhiri serangkaian gempa susulan dengan magnitudo dan frekuensi kejadian yang terus mengecil," ujar Daryono dalam keterangannya, Rabu (1/8/2018).

Sementara gempa tipe ketiga, bercirikan munculnya banyak gempa kecil dengan frekuensi kejadian sangat tinggi, berlangsung dalam kurun waktu tertentu di kawasan sangat lokal, tanpa ada gempa kuat yang menonjol sebagai gempa utama.

"Gempa semacam ini oleh Mogi disebut sebagai gempa swarm," ujar dia.

Jika diamati aktivitas gempa susulan di Lombok saat ini, gempa yang terjadi merupakan gempa tipe I. Yaitu tipe gempa utama yang diikuti serangkaian gempa susulan dengan jumlh sangat banyak.

"Sejak terjadinya gempa utama pada Senin pagi lalu hingga hari ini Rabu 1 Agustus 2018 pukul 17.00 WIB hasil monitoring BMKG sudah mencatat gempa susulan sebanyak 422 kali. Magnitudo terbesar 5,7 SR dan terkecil 1,8 SR. Sebanyak 44 gempa susulan guncangannya dirasakan oleh warga," jelas dia.

Komentar atas Gempa Susulan di Lombok Capai 422 Kali, Ini Penjelasan BMKG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar