Pj Kades Samba Buka Sosialisasi Juklak Revitalisasi Dasawisma

Rhony Susanto, S. Pd 12 April 2021 03:07:08 WIB

Gangga, Utarapost.net – Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Sambik Bangkol (Samba) Kecamatan Gangga Sarjono SIKom membuka sosialisasi Juklak Revitalisasi dan Pembinaan Dasawisma PKK Desa Samba di aula desa setempat. Sabtu (11/04). Hadir juga Plt. Camat Gangga Parihin, SSos, anggota TP PKK Povinsi NTB, anggota TP PKK KLU, ketua dan anggota TP PKK Kecamatan Gangga, Sekdes Samba, dan para kader TP PKK Desa Sambik Bangkol.

Pj Kades Samba Sarjono SIKom menyampaikan, dasawisma adalah ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan. Motor penggerak dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK guna mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera, lahir dan batin.

“Dasawisma sebagai bagian penting PKK juga mitra pemerintah, punya peran strategis dalam membantu pelaksanaan program pemerintah khususnya dalam bidang peningkatan kesejahteraan keluarga, ketahanan keluarga, dan pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Sarjono, kenyataan empiris sejauh ini menunjukkan masih adanya kelompok dasawisma yang belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana harapan karena keterbatasan kemampuan, kreativitas dan sebagainya.

“Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi juklak revitalisasi dasawisma tahun 2021 ini dilaksanakan untuk memberikan pendekatan serta menuntun kita bagaimana cara membina dan menumbuhkembangkan kemampuan dan keterampilan kelompok dasawisma maupun kader PKK dalam meningkatkan kegiatan pembangunan, khususnya dalam bidang keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, dan kesehatan. Harus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan,” terang Sarjono.

Pj Kades Samba itu juga mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan sosialisasi juklak revitalisasi dasawisma tersebut, dengan harapan besar seluruh anggota dasawisma dan kader PKK setempat pada umumnya terus menambah wawasan, tetap semangat menjalankan tugas disertai spirit jiwa terus berkobar dan menyala-nyala.

Oleh karena itu, katanya, meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan kader PKK yang terhimpun dalam kelompok dasawisma, perlu petunjuk yang benar untuk pembinaan, bimbingan dan arahan secara seksama, terintegrasi, terkendali dan berkesinambungan oleh TP PKK secara berjenjang, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan sampai di tingkat desa.

“Pada hari ini kita melaksanakan sosialisasi mengenai petunjuk pelaksanaan pembinaan dasawisma. Kami berharap dengan kegiatan sosialisasi ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran, kemauan gotong-royong dan tanggung jawab Dasawisma terhadap 10 program pokok PKK,” harapnya.

Kelompok Dasawisma sebagai unsur dari PKK memiliki peran menggerakkan sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti pelayanan KB, perilaku hidup bersih dan sehat, mengaktifkan pelayanan Posyandu, PAUD, dan bentuk kegiatan lain yang dapat mendukung peningkatan pendidikan dan kesehatan keluarga.

“Saya berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, kiprah luhur dan peran dasawisma di desa ini nantinya dapat meningkat sesuai dengan tuntutan ketahanan keluarga, keadaan kekinian dan dapat berkembang dengan baik. Saya yakin dan percaya, apabila materi sosialisasi yang disampaikan oleh narasumber kita nanti dapat kita pedomani dengan baik, kami optimis pengembangan dasawisma ke depan bisa terwujud nyata,” tandasnya.

Dasawisma juga dapat melaksanakan tupoksi dengan baik untuk salah satu indikator terwujudnya masyarakat Sambik Bangkol sesuai visi-misi yang tertuang dalam RPJMD 2018–2024.

“Mari kita optimalkan peran dan fungsi kelompok dasawisma dan lembaga kemasyarakatan lainnya dalam membangun Sambik Bangkol yang berkah pada masa mendatang,” ajaknya.

Pada kesempatan itu Pj Kades Samba ini mengimbau dasawisma mengikuti sosialisasi dengan khidmat dan sungguh-sungguh hingga selesai. Ke depan dapat jadi motor penggerak kemajuan keluarga, dapat bekerjasama, bersinergi dengan pengurus PKK di berbagai tingkatan mulai kecamatan, kabupaten dan provinsi. (sas)

Komentar atas Pj Kades Samba Buka Sosialisasi Juklak Revitalisasi Dasawisma

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar