Pj Kades Samba Hadiri Sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dngn Budidaya Holtikultu

Rhony Susanto, S. Pd 19 Januari 2022 00:49:10 WIB

Pj Kades Samba Sarjono SIKom menerima bibit tanaman holtikultura dari perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unram Senin (17/01/22)

Sid Samba_Pemerintah Desa (Pemdes) Sambik Bangkol (Samba) bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram menggelar Sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Membudidayakan Tanaman Holtikultura, bertempat di PKBM Bangkit Luk Timur, Senin (17/01/22). Dihadiri oleh Pj Kades Samba, Sarjono, Ketua Karang Taruna, Zulkarnain, Mahasiswa/Mahasiswi KKN Tematik Unram, ibu-ibu rumah tangga serta masyarakat Samba.

Pj Kades Samba Sarjono, menyampaikan sosialisasi optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan membudidayakan tanaman holtikultura merupakan kegiatan inovatif yang digagas Mahasiswa KKN Unram di Desa Samba.

“Saya menyambut baik sekaligus memberi apresiasi tinggi kegiatan sosialisasi yang edukatif ini. Punya arti penting bagi kelangsungan pangan kita ke depan. Tujuan dari pemanfaatan lahan pekarangan ini adalah memenuhi gizi keluarga yang beragam dan seimbang,” kata Sarjono mengapresiasi.

Menyadari strategisnya prospek pekarangan, saat ini PKK Lombok Utara tengah fokus mendorong budidaya tanaman holtikultura menjadi salah satu program unggulan.

Menurut Sarjono, pantauan di lapangan mayoritas masyarakat memang masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

“Melalui program pemberdayaan, PKK Desa kita dukung melakukan budidaya tanaman holtikultura seperti cabai dan sumber pangan lain di lahan pekarangan rumah. Kita berharap nantinya dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga,” ujar Subkor Komunikasi Pimpinan pada Bagian Prokopim Setda KLU ini.

Ditekankan pula, dalam sosialisasi tersebut perlu dilahirkan metode pengelolaan pekarangan dengan pendekatan terpadu sehingga berbagai jenis tanaman dapat dibudidayakan. Kedepan dapat menjamin ketersediaan bahan pangan beranekaragam secara terus-menerus untuk pemenuhan gizi.

“Selaras dengan Visi Pemerintah Sambik Bangkol diantaranya terwujudnya masyarakat yang sejahtera, kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan warga dengan menanam komoditi holtikultura. Suatu program pemberdayaan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga guna menciptakan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Ia lantas berharap kegiatan itu harus menyentuh kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan BSA (beragam, bergizi seimbang dan aman), memotivasi partisipasi ibu-ibu untuk penyediaan sumber pangan. Dirinya mengajak semua pihak memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk pemenuhan pangan terutama pada lahan-lahan pekarangan.

“Manfaatkan lahan pekarangan kita dengan menanam berbagai sayuran atau buah-buahan dapat menghasilkan sumber vitamin yang berguna dalam metabolism tubuh. Mari kita wujudkan Samba Berkah pada masanya kelak” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan bibit tanaman holtikultura dari mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram dan foto bersama (sas) .

Komentar atas Pj Kades Samba Hadiri Sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dngn Budidaya Holtikultu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar