Gerakan 5000 Nomor Induk Berusa, DPW BMWI NTB Kolaborasi Dengan Pemerintah KLU

Rhony Susanto, S. Pd 11 Agustus 2022 00:27:24 WIB

Sid Samba_DPW BMWI NTB Kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Kementerian Koperasi Dan UKM RI, Garda Tranfumi, Lembaga Homespa training center (HTC) dan rangkaian dengan kegiatan tanda tangan piagam kesepahaman, penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) Secara Simbolis kepada masyarakat Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan lounching program Keredit Usaha Rakyat (KUR) Pemerintah Daerah serta Homespa training center (HTC), menyediakan Dorprice undian sembako bagi peserta training dan peserta yang ingin ditreatment saat acara diberikan special price dengan discount besar-besaran.

Kegiatan yang dihadiri langsung Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, Ketua DPW BMWI NTB Is Karyanto di, Wakil Ketua BMWI NTB Asikin beserta pengurus DPW BMWI NTB, Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Utara Galuh Nurdiyah, Kepala Dinas Prindakop H. Haris Nurdin, S.Sos, MM, Kepala Dinas DPMP2T dan Naker Dende Dewi, Kepala Desa Sambik Bangkok Kec. Gangga Sajudin, S.Sos, Kepala Desa-kepala desa lainnya, Kepala Akademi Homespa Training Center NTB Tini Nurbaiti, S.Pd, dan hadir juga pengurus DPP BMWI dan Garda Transfumi Ns, Sulardin, MNS, Ketua DPC BMWI KLU Tawadi, S.Ap beserta para pengurus, Ketua DPC BMWI Mataram Andriawan pada senin, (8/08/22) lalu di sambik bangkol Lombok Utara.

 

Kepala Desa Sambik Bangkol sebagai tuan rumah acara menyampaikan sambutan dalam dua hari, Pemerintah desa telah sukses melakukan pendampingan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) mandiri setelah dibimbing oleh Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) dan Garda Transfumi Kementerian Koperasi dan UKM. Tercatat ada 98 orang telah sukses memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sampai pada puncak acara tercatat 200 lebih masyarakat telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

"Kepala Desa sambik bangkol meminta kepada Bapak Bupati untuk dapat merealisasikan akses permodalan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB )didesanya dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR)".

 

Sambutan selanjutnya di sampaikan Ketua DPW BMWI NTB Is Karyanto menyampaikan Pemerintah Pusat saat ini telah banyak melakukan upaya untuk mempermudah dan memutus mata rantai birokrasi yang panjang dalam proses pengurusan perijinan usaha, salah satunya dengan mempermudah pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha masyarakat dengan UU cipta kerja dan pembentukan Garda Transfumi sebagai garda terdepan untuk merealisasikan program pemerintah secara masif dan secara garis besar,

 

"Setelah melakukan simulasi latihan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) bersama aparatur Desa, terlihat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Desa sambik bangkol cukup baik, hingga mampu mementoring masyarakat saat pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dan acara ini telah kami laporkan kepada bapak Menteri Koperasi Dan UKM RI melalui koordinator Garda tranafumi. Pemerintah daerah dan rakyat KLU mendapat salam sukses dari bapak menteri Koperasi Dan UKM RI"

 

Kemudian sambutan Ketua Umum DPP BMWI Syamsul Hidayah menyampaikan salam hormat epada Bapak Bupati dan seluruh Masyarakat Kabupaten Lombok Utara (KLU), tidak dapat mengikuti secara langaung acara ini dikarenakan ada agenda di wilayah lain, 

"Acara hari ini merupakan upaya kawan-lawan Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk ikut serta memeriahkan dan memperingati Hari Lahir (Harlah) Kabupaten Lombok Utara yang ke-14 serta untuk menyambut Hari Lahir (Harlah) Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) yang ke-2. Dalam menyelesaikan masalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perlu adanya pendampingan dan pelatihan wirausaha yang salah satu contohnya adalah Mobile Homespa, memastikan pendampingan legalitas usaha dengan penerbitan NIB, dan memastikan adanya akses permodalan untuk menjalankan usaha kecil dan menengah"

 

Sambutan Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH menyampaikan sangat mengapresiasi langkah Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) dalam menjalan program kerjanya sampai ke desa-desa.

 

"Mendorong program kewirausahaan Mobile Homespa untuk mempercepat bangkitnya sektor pariwisata Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang beberapa waktu lalu dilanda masalah-masalah antara lain; Bencana Gempa Bumi yang memporak-porandakan Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan pandemi covid 19. Saat ini sektor pariwisata Kabupaten Lombok Utara (KLU) sudah mulai bergairah kembali dengan indikator mulainya terlihat launching wisatawan menikmati panorama wisata Kabupaten Lombok Utara (KLU) seperti gili trawangan, wisata air terjun dan kebun binatang.

 

"Pemerintah memiliki program KUR Lunak yang diluncurkan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan mekanisme dimana para peminjam hanya membayar pokok pinjaman dan bunga pinjaman akan ditanjung pemerintah daerah. Program ini bisa digunakan oleh para terapis-terapis yang ingin menjalankan usaha mobile homespa dari rumah kerumah di Kabupaten Lombok Utara (KLU)".

 

Pada acara ini dilaksanakan pula

tanda tangan piagam kesepahaman, penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) Secara Simbolis kepada masyarakat Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan 

lounching program Keredit Usaha Rakyat (KUR) Pemerintah Daerah. Dan agenda training kewirausahaan yang dilakukan oleh Homespa training center (HTC) menyediakan Dorprice undian sembako bagi peserta training dan peserta yang ingin ditreatment saat acara dengan discount besar-besaran

Sumber : Incinews.net

Komentar atas Gerakan 5000 Nomor Induk Berusa, DPW BMWI NTB Kolaborasi Dengan Pemerintah KLU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar