Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten

Rhony Susanto, S. Pd 10 Mei 2023 04:57:25 WIB

Sid Samba_Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten yang di adakan di Lima Kecamatan Yang ada di kabupaten Lombok Utara yakni, Kecamatan Pemenang, Kecamatan, Tanjung, Kecamatan Gangga, Kecamatan Kayangan, dan Kecamatan Bayan dan masing-masing kecamatan diwakili oleh 1 desa, dan di kecamatan gangga sendiri diwakili oleh Desa Sambik Bangkol,

Pelaksanaan Lomba Posyandu tingkat Kabupaten di gelar pada hari Selasa, 09/05/23 yang bertempat di Posyandu Melati Dusun Luk Barat Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga. KLU.

Hadir dalam acara lomba posyandu tersebut Kepala Desa Sambik Bangkol, beserta dengan semua jajaranya, Anggota BPD, Kader Posyandu sedesa sambik bangkol, semua perangkat kewilayahan dan PKK desa sambik Bangkol.

Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Posyandu sebagai salah satu Layanan Dasar Kebutuhan Masyarakat di Bidang Kesehatan. Hal ini menjadi perhatian hingga tingkat pusat. Pada  dasarnya pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat Dimana melalui posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan di desa,  seperti  Gizi Buruk, Kesehatan Ibu dan Anak, KB, Imunisasi dan Stunting serta pelayanan kesehatan lainnya.

Dalam penilaiannya, tim juri  melakukan beberapa penilaian indicator seperti : kebijakan pememerintah desa terhadapap keberadaan posyandu di tingkat desa, SK Kader Posyandu, Administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi,  pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu, serta peran instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian.Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni Pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan.

            Kegiatan Lomba Posyandu ini merupakan fungsi vital Posyandu sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar. Selain itu juga adanya lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan Diharapkan, nantinya apabila salah satu Posyandu yang keluar sebagai juara akan menularkan ilmu nya kepada Posyandu lain dan bisa mewakili kabupaten lombk utara untuk lomba posyandu tingkat provinsi.

 

Komentar atas Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar