Sertijab Kades Samba Haru dan Khidmat, Ini Pesan Buat Kades Baru

Rhony Susanto, S. Pd 24 Januari 2022 23:46:41 WIB

penyerahan memori jabatan dari Pj Kades Sarjono SIKom kepada Kades Defenitif Sajudim S.Sos disaksikan Kasi PMD Kecamatan Gangga Samsul Bahri S.Sos. MM dan perangkat Desa di aula kantor desa setempat Jumat (21/01/22)

Sid Samba_Setelah dilantiknya Kepala Desa (Kades) terpilih melalui pemilihan sistem pergantian antar waktu (PAW) sisa masa jabatan tahun 2022-2023 oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, pada Kamis (20/1), Pemerintah Desa Sambik Bangkol (Samba) Kecamatan Gangga, Jumat (21/1) langsung menggelar serah terima jabatan (Sertijab) Kades Samba dari Penjabat (Pj) Kades Sarjono, S.I.Kom kepada Kades definitif Sajudin, S.Sos. Tampak berlangsung haru dan khidmat, bertempat di aula Balai Desa setempat.

Hadir membersamai Kasi PMD Kecamatan Gangga Samsul Bahri, S.Sos., MM, Wakil Ketua BPD Agus Sarjono, S.Pd serta segenap anggota BPD Samba, para Perangkat Desa, Babinsa Samba PELTU Zaenal AK, Ketua TP PKK, Ketua LPM Tarsam, Penghulu Desa Samba Adam Abul Basar, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, mahasiswa KKN Unram, dan para tamu undangan.

Diawali dengan pembacaan Berita Acara (BA) serah terima jabatan oleh Wakil Ketua BPD Samba dilanjutkan dengan penandatanganan BA sertijab serta penyerahan memori jabatan kades.

Dalam sertijab tersebut, Pj. Kades Sarjono menyampaikan informasi selingkungan penyelenggaraan pemerintahan desa selama bertugas mendampingi masyarakat Desa Samba dan persiapan transisi pemerintahan yang akan dipimpin kades definitif.

Sarjono berpamitan, menyampaikan kesan, pesan dan amanat perpisahannya dengan segenap unsur pemerintah desa, lembaga desa dan masyarakat desa setempat. Baginya, warga desa yang pernah dipimpinnya itu dianggap seperti keluarga.

Berdasarkan perundang-undangan, tempo tugas dirinya memangku mandat penjabat kades sejak 1 April 2021 dan berakhir pada 20 Januari 2022 dengan dua agenda utama yaitu melaksanakan roda pemerintahan desa dan mengawal berlangsungnya suksesi Pemilihan Kepala Desa PAW. Bukan hal yang mudah laksana membalikkan tangan memimpin desa tapi dibutuhkan dukungan dan kebersamaan berbagai segmen masyarakat.

“Memang nyaris singkat, hanya sembilan bulan 20 hari kami berkhidmat mengemban tali mandat sebagai pemimpin desa di Sambik Bangkol ini,” tuturnya.

Dalam waktu yang singkat itu pula, kata Sarjono, telah terukir sekeping gagasan, kebijakan, torehan apresiasi, serta perjuangan bersama masyarakat Samba. Bergaul dan berinteraksi dengan banyak kalangan.

“Kami rasakan sungguh berkesan, memberikan kesejukan impresi persahabatan. Insyaallah akan saya kenang sebagai jalan persaudaraan. Mengabdikan diri pada Samba ini, baik dari dalam maupun luar pemerintahan, saya rasa relatifnya sama indahnya,” kenang Sarjono

Ia lantas mengajak warga menyatukan tujuan, memadukan harapan dalam membangun Samba agar berkah pada masanya. Desa yang SDM-nya mesti berdaya, aspek perekonomiannya harus maju dan tata infrastrukturnya tidak cukup hanya kokoh tapi harus ramah bencana.

“Bilamana ada hal baik bagi kesejahteraan warga, itu tiada lain murni jerih payah kita bersama. Spirit kebaikan sekaligus inspirasi dari ketulusan kita mengabdi sebagaimana adanya,” jelasnya.

Dirinya bersyukur berkat kerja cerdas banyak pihak seluruh rangkaian tahapan pilkades PAW pertama di KLU tersebut telah usai, berlangsung lancar, kondusif dan demokratis.

“Harapan saya semoga Samba akan terus lebih baik dan maju, atau maju dalam keberkahan dan berkah dalam kemajuan sebagaimana tujuan kita berdesa,” harap dia.

Pada momen perpisahan itu, dirinya berterima kasih dan memberi penghargaan yang tinggi kepada seluruh warga Samba yang telah mendukung pelayanan dan pengabdiannya selama memimpin desa setempat.

“Selama kami menjabat di desa ini tentu belum sepenuhnya agenda berpemerintahan dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat. Secara pribadi saya meminta maaf ke seluruh masyarakat dan segenap pemerintah desa atas salah dan khilaf selama menjabat di sini,” pungkas Pj. Kades Samba itu.

Pada momen itu pula, ia berpesan kepada kades baru agar prestasi status Desa Maju yang diraih Desa Samba 2021 dari Kemendes PDTT dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang. Begitu pula sejumlah penghargaan lainnya dapat menjadi motivasi bersama terutama dalam konteks tata kelola pemerintah desa.

Senada, Kades baru Sajudin, S.Sos, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan amanah memimpin Desa Samba kurang lebih satu setengah tahun kedepan. Mengajak masyarakat berpartisipasi mengawal berbagai program pembangunan di Desa Samba.

“Saya mohon do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Desa Samba tanpa terkecuali. Saya mohon bimbingan dari para tokoh termasuk Pak Sarjono. Terima kasih atas kerja keras bapak. Tanpa beliau tidak mungkin saya berdiri di hadapan saudara-saudara saat ini,” terangnya.

Dalam pada itu, Kasi PMD Kecamatan Gangga Samsul Bahri, S.Sos, MM mengapresiasi pelaksanaan Pilkades PAW yang telah menghadirkan kepala desa terpilih berjalan dengan aman kondusif serta demokratis.

Mantan Camat Tanjung itu berpesan kades terpilih segera mengeksekusi program-program kegiatan sesuai penjabaran visi misi.

“Selamat kepada kepala desa definitif. Terima kasih kepada penjabat kades yang telah bertugas mendedikasikan kepemimpinannya selama ini. Ia telah menorehkan prestasi buat Desa Samba. Semoga jasa yang telah didedikasikan selama memimpin desa ini mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Kuasa,” tutupnya.

Komentar atas Sertijab Kades Samba Haru dan Khidmat, Ini Pesan Buat Kades Baru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Sajudin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar